24

Jul
2020

Takachiho Desa Mitologi Jepang

Posted By : IKOIKO JAPAN!/ 59 0

Takachiho merupakan kota di perfektur Miyazaki, Kyushu, Jepang yang terkenal akan kisah mitologi Jepang. Tempat ini dikatakan sebagai tempat asal usul agama Shinto di Jepang. Cerita mitologi yang paling terkenal adalah cerita tentang legenda Dewi Amaterasu bersembunyi di dalam gua karena perilaku tidak sopan adiknya. Dewi Amaterasu atau Amaterasu Okami adalah dewi matahari dan merupakan dewi terpenting dalam agama Shinto di Jepang. Menurut legenda kaisar Jepang merupakan keturunan dari Dewi Amaterasu.

Ada beberapa tempat wisata yang dapat kamu kunjungi di Takachiho, yang pertama adalah Takachiho Gorge. Takachicho gorge merupakan tempat paling terkenal di perfektur Miyazaki dan terletak di tepi sungai Gokase. Takachiho Gorge terbentuk dari letusan gunung berapi Aso sekitar 120 juta tahun yang lalu. Tempat ini dijadikan monumen nasional Jepang karena keindahan alamnya. Disini kamu dapat menikmati pemandangan salah satu dari 100 besar air terjun terindah di Jepang yang bernama air terjun Manai. Kamu bisa menyewa kapal dan mengelilingi Takachiho Gorge dari bawah tebing dengan kapal. Kamu dapat menikmati pemandangan dari bawah dimana kamu dapat melihat tebing tinggi dan menikmati air terjun dari bawah. Disini juga ada bebek yang dapat kamu kasih makan juga, dan bebek disini sudah jinak dengan manusia. Makanan bebek dapat kamu beli di tempat sewa perahu.

Biaya penyewaan kapal seharga JPY 2000 per kapal untuk 30 menit perjalanan dan satu kapal dapat dinaiki sampai dengan tiga orang. Tempat ini merupakan tempat wisata yang popular maka kamu perlu datang pagi-pagi sekali dan sebaiknya hindari hari libur golden week. Jika tidak kamu bisa menunggu sampai dengan 3 jam untuk dapat giliran menyewa kapal. Cara lain adalah kamu dapat menelepon terlebih dahulu ke Machinaka Information Center untuk melakukan reservasi. Tenang saja, disini ada layanan dalam berbahasa inggris. Kamu bisa mengakses ke Takachiho Gorge dengan cara naik bus Takachiho Kaiyu dari Takachiho Bus Center sekitar 13 menit dan turun di Halte Takachiho Kyo (Takachiho Gorge) Tapi harus diingat Takachiho Kaiyu bus hanya beroperasi di akhir pekan dan tanggal merah.

Tempat wisata kedua adalah Kuil Amano Iwato, kuil ini terletak 10 km dari pusat kota Takachiho. Kuil ini dibangun di dekat gua dimana Dewi Ameretasu bersembunyi. Menurut cerita legenda Dewi Amaterasu bersembunyi di dalam gua karena perilaku tidak sopan adiknya, karenanya dunia menjadi tidak bisa diterangi oleh sinar matahari. Kamu bisa membaca artikel yang sudah IKOIKO JAPAN! tulis mengenai Dewi Amaterasu di artikel sebelumnya.

Jika kamu ingin melihat gua ini kamu bisa bertanya ke bagian adminitrasi kuil dan pendeta Shinto dapat mengantar kamu kedalam gua. Kamu juga bisa mengunjungi gua lain dimana para dewa berkumpul untuk membahas strategi membujuk Dewi Amaretasu keluar disebut dengan Amano Yasukawara dan juga terdapat kuil kecil disini. Akses ke kuil ada bus yang beroperasi dari Takachiho Bus Center memakan waktu sekitar 15 menit dengan biaya 320-yen sekali jalan dan jarak setiap bus setiap 1-2 jam. Atau, kamu bisa naik taksi dengan biaya perjalanan taksi sekitar 2500-yen sekali jalan. Dan akses ke Amano Yasukawara kamu dapat berjalan kaki 15 menit dari Nishi-hongu menuju sungai Iwato.

Tempat terakhir adalah Kuil Takachiho, di Takachiho sendiri mempunyai lebih dari kuil dan hanya 88 kuil yang memiliki keistimewaan dari lainnya. Salah satunya adalah Kuil Takachiho, kuil ini sudah berdiri selama 1.900 tahun dan merupakan kuil utama. Setiap bulan November sampai dengan bulan Februari di tahun berikutnya, kuil ini mengadakan acara yang dinamakan Yokagura yang terdiri dari 33 serangkaian episode yang menceritakan tentang dewa-dewi. Di kuil Takachiho yang ditampilkan adalah versi pendeknya dan ditampilkan setiap malam kepada para wisatawan. Pertunjukkan terdiri dari beberapa adegan cerita dengan durasi waktu satu jam. Pertunjukkan dilakukan oleh para penari tradisional dengan memakai topeng dan diiringi  alat musik tradisional Jepang. Pertunjukkan ini diadakan di aula pertujukkan Yokagura yang berjarak beberapa Langkah dari kuil utama. Kuil Takachiho bisa kamu akses dengan berjalan kaki 15 menit dari Takachiho Bus Center.

Bagaimana apakah kamu tertarik mengujungi keindahan Takachiho? IKOIKO JAPAN! dapat membantu kamu untuk pergi ke tempat ini, ingin backpacker atau private car? IKOIKO JAPAN! siap untuk membantu. Segera hubungi kami via media sosial Instagram atau email.

Leave your comment

Please enter comment.
Please enter your name.
Please enter your email address.
Please enter a valid email address.