03

Aug
2020

Makam Kuno Kaisar Jepang

Posted By : IKOIKO JAPAN!/ 20 0

Tahukah kamu atau pernah mendengar kata Kofun? Kofun adalah adalah makam seseorang yang berkuasa seperti kaisar. Kofun dibangun dari abad ke-3 hingga abad ke-7. Kofun berbentuk berupa gundukan pemakaman kuno yang banyak tersisa di seluruh Jepang dan ada lebih dari 2000 kofun di seluruh Jepang. Selain jasad raja yang telah meninggal, terdapat juga artefak-artefak berharga di dalam kofun. Kofun terbesar di Jepang dan makam terbesar ketiga di dunia adalah Daisenryo Kofun, yaitu makam dari kaisar Jepang ke-16, Kaisar Nintoku yang terdapat di kota Sakai Osaka. Kaisar Nintoku adalah kaisar ke 16 Jepang yang diperkirakan berkuasa dari tahun 313 sampai 399. Luas wilayah kofun ini adalah 470 meter persegi dan semakin luas ukuran kofun maka dianggap sebagai orang yang sangat berkuasa atau memiliki kekuasaan yang luas. Kofun berbentuk seperti lubang kunci dengan panjang 486m dan lebar 307m. Daisenryo Kofun dibangun pada pertengahan abad ke-5 dan diperkirakan dibutuhkan 2000 pekerja dan waktu sekitar hampir 16 tahun untuk menyelesaikan pembuatan kofun terbesar ini.

Perbedaan kofun Jepang dengan makam raja di negara Asia Timur lainnya adalah ukurannya yang besar dan berbentuk khas seperti lubang kunci yang banyak ditemukan pada kofun-kofun Jepang. Lokasi jasad kaisar dimakamkan di bagian lingkaran lubang kunci, lokasi kuburannya dibangun ruang bawah tanah dan jasadnya dimasukkan ke dalam peti mayat yang terbuat dari besi dan beratnya bisa mencapai 50 ton. Tradisi mengubur orang yang telah meninggal banyak dilakukan di negara-negara Asia Timur. Namun, ketika agama Budha mulai masuk ke Jepang pada abad ke 8, tradisi membangun kofun mulai berhenti dan seiring berjalannya waktu banyak masyarakat sudah mulai meninggalkan kebiasaan menguburkan orang yang telah meninggal dan beralih ke upacara kremasi atau pembakaran hingga saat ini. Kuburan di Jepang biasanya dibagi per nama keluarga bukan per orang dan di setiap batu nisan akan tertulis nama keluarga Jepang. Di bawah batu nisan terdapat tempat untuk menaruh abu orang yang telah meninggal yang sudah diletakkan dalam kendi berukuran kecil.

Sayangnya jika kamu berkunjung ke sini terdapat peraturan dimana kamu tidak dapat masuk ke dalam kofun untuk melihat kuburan kaisar Jepang secara langsung. Kamu hanya melihatnya dari gerbang depan kofun. Bahkan orang Jepang sendiri tidak ada yang berani masuk ke dalam kofun sehingga sampai saat ini tidak ada yang tahu bagaimana isi dalam kofun. Tapi tenang saja walaupun kamu tidak bisa kedalam kofun, kamu masih dapat melihat pemandangan indah yang ada di sekitar kofun atau melihat kofun dari lantai atas sebuah gedung. Kamu bisa pergi ke observatorium di lantai 21 di kompleks Balai Kota Sakai dengan naik kereta dari Stasiun Namba kemudian naik kereta express di Nankai-Koya Line lalu turun di Stasiun Sakai-Higashi. Kemudian kamu bisa jalan kaki menuju Balai Kota Sakai dan naik ke lantai 21.

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi Kofun, IKOIKO JAPAN! dapat membantu kamu untuk pergi ke tempat ini, ingin backpacker atau private car? IKOIKO JAPAN! siap untuk membantu. Segera hubungi kami via media sosial Instagram atau email.

Leave your comment

Please enter comment.
Please enter your name.
Please enter your email address.
Please enter a valid email address.