22

Jul
2020

Legenda Dewi Amaterasu

Posted By : IKOIKO JAPAN!/ 208 0

Dewi Amaterasu atau Amaterasu Omikami adalah dewi tertinggi dalam kepercayaan agama Shinto di Jepang. Dewi Amaterasu adalah dewi yang lahir dari Izanagi, dewa yang menciptakan pulau Jepang dan lahir bersamaan dengan dua saudaranya yang lain yaitu Dewa Susanoo, dewa badai dan laut, dan Tsukuyomi dewa bulan. Pada saat itu Izanagi sedang mermurnikan dirinya sendiri setelah gagal menyelamatkan istrinya Izanami dari Yomi (underworld). Amaterasu lahir saat Izanagi mencuci mata kirinya, Tsukuyomi lahir dari pembasuhan mata kanan, dan Susanoo ketika membasuh hidungnya. Kemudian Izanagi memberikan mandat kepada Dewi Amaterasu untuk memegang kekuasaan tertinggi di Takamagahara. Dewi Amaterasu merupakan dewi matahari dan alam semesta, namanya sendiri berarti “bersinar di surga”. Maka dari itu, arti dari Amaterasu Omikami adalah “dewi yang bersinar di surga”. Menurut buku sejarah mitologi Jepang Kojiki dan Nihon Shoki, kaisar Jepang dianggap sebagai keturunan langsung dari Dewi Amaterasu.

Dewi Amaterasu menjadi penguasa langit dan matahari bersama dengan saudaranya yaitu Tsukuyomi, dewa bulan. Tetapi suatu hari Tsukuyomi membunuh dewi makanan yaitu Uke Mochi karena sang dewi makanan membuat makanan dengan cara yang kotor. Akibat perbuatannya, Dewi Amaterasu membenci Tsukuyomi dan menganggapnya sebagai dewa kejahatan dan mengusirnya. Sehingga inilah alasan mengapa malam dan siang tidak pernah terjadi bersamaan. Selain itu menutur mitologi, Dewi Amaterasu juga terlibat konflik dengan saudaranya yang lain yaitu Dewa Susanoo. Susanoo berperilaku kasar dan merusak persawahan milik Dewi Amaterasu. Puncaknya adalah ketika Susanoo membunuh dan menguliti kuda kemudian melempar kuda tersebut ke ruangan Dewi Amaterasu. Dewi Amaterasu yang marah akan hal itu, menyembunyikan dirinya di gua dan tidak mau mau keluar sehingga dunia dilanda kegelapan. Akhirnya para dewa dan dewi lain datang untuk membujuknya keluar dari gua. Mereka mencoba semua cara tapi semuanya tidak dapat membuat sang dewi keluar dari gua tersebut. Sampai pada akhirnya ada seorang Dewa Amenouzume yang mulai menari dan membuat semua dewa dewi tertawa terbahak-bahak. Dewi Amaterasu yang penasaran akan suara tersebut tawa tersebut akhirnya keluar gua untuk melihat apa yang terjadi di luar.

Kuil Ise Jingu di kota Ise perfektur Mie adalah kuil yang didedikasikan kepada Dewi Amaterasu. Kuil ini dianggap sebagai kuil suci dan sakral sehingga sangat dihormati oleh orang Jepang. Di dalam komplek kuil ini terdapat dua bagian, yaitu  Kuil Dalam (Naiku) dan Kuil Luar (Geku) yang  terdiri dari 125 kuil. Kuil Dalam (Naiku) dibangun tahun 4 masehi atau sekitar 2000 tahun yang lalu. Kuil Ise menjadi tujuan utama bagi peziarah dan wisatawan serta memiliki jutaan pengunjung setiap tahunnya.

Sekian informasi mengenai salah satu legenda di Jepang dari IKOIKO JAPAN! Jangan lupa kalau kamu masih bingung bagaimana transportasi, akomodasi bahkan guide selama perjalanan kamu di Jepang nanti, IKOIKO JAPAN! bisa membantu. Langsung saja hubungi kami via email atau DM Official Instagram kami.

Leave your comment

Please enter comment.
Please enter your name.
Please enter your email address.
Please enter a valid email address.