20

Jul
2020

Gua Batu Gamping di Jepang Ryusendo

Posted By : IKOIKO JAPAN!/ 75 0

Gua Ryusendo adalah salah satu dari tiga gua batu gamping yang terletak di daerah pegunungan kota Iwaizumi prefektur Iwate Jepang. Gua ini disahkan sebagai monumen alam nasional oleh pemerintah Jepang pada tahun 1934 dan dibuka untuk publik pada tahun 1967. Gua ini adalah museum sains dengan gua alami pertama di dunia, yang memamerkan perkakas tanah liat dan perkakas batu yang ditemukan di dalam gua. Gua Ryusendo terletak dua kilometer di luar pusat kota Kota Iwaizumi. Sebelumnya kota ini terhubung ke jaringan kereta api Jalur JR Iwaizumi, namun layanan kereta di sepanjang jalur ini dihentikan setelah terjadi tanah longsor.

Akses termudah untuk sampai ke gua Ryusendo dengan transportasi umum adalah dengan naik bus dari Morioka atau Miyako. Jika kamu naik dari Morioka, terdapat empat bus langsung yang dioperasikan JR Tohoku. Bus beroperasi setiap hari antara Stasiun Morioka dan Gua Ryusendo. Perjalanan sekali jalan memakan waktu sekitar 135 menit dengan biaya ¥ 2.710 untuk sekali jalan. Perjalanan ini dicover oleh Japan Rail Pass dan JR East Tohoku Area Pass. Jika kamu dari Miyako terdapat empat bus non JR per yang beroperasi antara Gua Ryusendo dan Stasiun Omoto (25 menit, 620 yen), kereta api Sanriku yang menyusuri pantai ke Kota Miyako (35 menit, 930 yen, berangkat setiap 2-3 jam). Baik bus maupun kereta api tidak ditanggung oleh JR pass.

Panjang gua ini sepanjang 5000 meter dan baru dieksplor oleh peneliti sepanjang 3100 meter saja. Sedangkan untuk wisatawan hanya dapat mengakses bagian gua sepanjang 700 meter saja. Wisatawan tidak diperbolehkan untuk masuk lebih dalam dari itu. Untuk wisatawan tenang saja karena sepanjang jalan di gua sudah dibangun jembatan, jalan setapak dan tangga untuk memudahkan para wisatawan ketika mengunjungi gua ini. Di dalam gua kamu dapat menikmati pemandangan gua yang luas dengan stalagtit dan stalagmit yang bergantung di atas gua. Tapi ada juga bagian gua yang menyempit sehingga kamu diharuskan menunduk ketika lewat.

Selain dikenal sebagai gua batu gamping di Jepang, gua Ryusendo juga terkenal akan danau bawah tanahnya dan terkenal mempunyai air yang sangat jernih. Kejernihannya membuat kamu bisa melihat sampai ke dasar danau. Danau di dalam gua Ryusendo juga dikenal memiliki kandungan air mineral yang tinggi. Danau bawah tanahnya bahkan disebut sebagai danau bawah tanah terdalam di Jepang. Di dalam gua terdapat 3 danau yang dapat diakses oleh wisatawan dengan kedalaman yang berbeda-beda. Danau premier yang ditemukan pada tahun 1920 memiliki kedalaman 35 meter. Empat puluh tahun kemudian yaitu pada tahun 1962, ditemukan danau sekunder dengan kedalaman 38 meter. Lima tahun kemudian ditemukan kembali danau dengan kedalaman yang lebih dalam lagi daripada dua danau yang ditemukan sebelumnya. Danau tersier dengan kedalaman 98 meter dan merupakan daya tarik utama dari gua Ryusendo. Danau ke empat adalah danau yang tidak dapat dikunjungi oleh wisatawan adalah danau bawah tanah terdalam di Jepang dengan kedalaman 120 meter dengan air paling jernih di dunia.

Di dalam gua ini juga terdapat beberapa spesies kelelawar, sebanyak lima persen merupakan jenis kelelawar noktrunal atau hewan yang aktif pada malam hari dan pemakan serangga dengan ukuran yang cukup kecil. Dan pada salah satu bagian gua Ryusendo ada jenis kelelawar yang harus mendapatkan izin khusus jika kamu ingin memotretnya. Suhu di dalam gua ini adalah 10 derajat Celcius sepanjang tahun, jadi sebaiknya kamu memakai jaket atau baju lengan panjang saat mengujungi gua Ryusendo meskipun di musim panas.

Tempat in sangat menarik bukan? IKOIKO JAPAN! dapat membantu kamu untuk mengunjungi tempat ini. Langsung hubungi kami via email atau DM ke Official Instagram kami ya!

Leave your comment

Please enter comment.
Please enter your name.
Please enter your email address.
Please enter a valid email address.